Peristiwa-peristiwa Penting di Sepak Bola Dunia Sepanjang 2018

JawaPos.com – Dunia sepak bola terus bergulir dengan berbagai hiasan indah maupun buruk. Bagaikan siang dan malam, kondisi sepak bola dunia pun tak lepas dari sisi baik maupun buruk.

Ada banyak peristiwa penting sepanjang 2018 yang sayang untuk dilewatkan. Dari mulai momen juara, hingga insiden panas yang terjadi di laga SuperClasico.

Nah, dari berbagai peristiwa yang pernah terjadi, JawaPos.com coba merangkumnya. Berikut di antaranya:

1. Piala Dunia 2018

timnas prancis, piala dunia 2018Prancis sukses meraih titel Piala Dunia kedua mereka di Rusia 2018. (AFP)

Tak ada gelaran terakbar di olahraga yang mampu menjadi magnet kuat selain Piala Dunia. Dalam ajang empat tahunan yang digelar di Rusia ini, jutaan pasang mata rela merogoh kocek demi ikut merasakan atmosfer Piala Dunia.

Saat Prancis berpesta di ujung turnamen, tim-tim elite dunia justru pulang dengan kepala tertunduk. Terutama bagi Jerman yang di luar dugaan harus angkat koper di akhir fase grup setelah ditundukkan Korea Selatan.

2. Final Liga Champions

real madrid, liga champions, liverpoolReal Madrid sukses meraih trofi Liga Champions ketiganya secara beruntun. (AFP)

Liga Champions dalam tiga musim terakhir memang mutlak menjadi milik Real Madrid. Bagaimana tidak, tiga kali tampil di final, tiga kali pula Los Blancos membawa pulang ‘si Kuping Besar’.

Pada final Liga Champions edisi 2018, Madrid masih tetap berjaya. Liverpool yang berupaya mengulang sukses pada 2005 hanya bisa gigit jari. Trofi Liga Champions kembali dibawa pulang Madrid.

3. Final Copa Libertadores

final copa libertadores, river plate, boca juniorsRiver Plate akhirnya menjadi juara dalam final Copa Libertadores terpanas sepanjang sejarah. (24Horas.cl)

Boleh jadi, final Copa Libertadores 2018 adalah partai puncak yang paling panas sepanjang 2018. Pasalnya, laga puncak antarklub di Amerika Selatan ini mempertukan dua tim dengan rivalitas panas: River Plate vs Boca Juniors.

Tingginya tensi membuat leg kedua yang seharusnya berlangsung di kandang River Plate dibatalkan. Sebelumnya, River Plate sukses mengimbangi Boca Juniors dengan skor 2-2 di La Bombonera.

Hingga akhirnya laga pun harus dipindahkan ke Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol (9/12) dan sukses dimenangkan oleh River Plate dengan skor 3-1. River Plate menjadi juara setelah unggul agregat 5-3.

4. Laga Israel vs Argentina Dibatalkan

timnas argentina, israel vs argentina, lionel messiLionel Messi menolak laga melawan Israel karena sarat muatan politik. (AFP)

Jelang Piala Dunia 2018, Argentina dijadwalkan melakukan laga pemanasan melawan Israel. Laga yang seharusnya dimainkan pada 9 Juni tersebut pun akhirnya batal setelah Lionel Messi menyatakan keberatan dan protes merebak di Palestina.

Messi dan kawan-kawan tak mau sepak bola disusupi unsur-unsur politik. Atas sikap para pemain Argentina tersebut, federasi sepak bola Palestina sangat bersyukur.

“FA Palestina berterima kasih kepada para pemain Argentina yang dipimpin oleh Lionel Messi, yang menolak bermain untuk sesuatu yang memiliki tujuan bukan tentang olahraga,” demikian pernyataan federasi sepak bola Palestina, dikutip Football Espana.

5. Arsena Wenger akhirnya mundur

arsene wenger, arsenal, premier leagueSetelah 22 tahun menangani Arsenal, Arsene Wenger akhirnya mundur. (AFP)

Kejutan terjadi di pengujung Premier League 2017-2018. Arsene Wenger mengumumkan pengunduran dirinya setelah 22 tahun menjadi manajer Arsenal. Banyak yang heran dengan putusan Wenger yang bisa dibilang mendadak tersebut.

“Saya bersyukur karena memiliki hak istimewa untuk melayani klub selama bertahun-tahun yang tak terlupakan. Saya mengelola klub dengan komitmen dan integritas penuh. Untuk semua pencinta Arsenal, jagalah nilai-nilai klub,” ucap Wenger, dinukil BBC.

Selama menjadi manajer Arsenal, Wenger telah mempersembahkan 3 trofi Premier League dan 7 Piala FA. Termasuk meraih double winners pada 1998 dan 2002.

6. Kembalinya Il Sette Magnifico

Il Sette Magnifico, ac parmaKembalinya AC Parma ke Serie A disambut antusias oleh penggemar Liga Italia di dunia. (Miguel Medina/AFP)

Serie A 2018-2019 menciptakan momen penting. Setelah sekian tahun menghilang, musim ini Il Sette Magnifico kembali bersatu. Hal ini ditandai dengan kembalinya AC Parma ke Serie A.

Bagi penggemar Serie A di era 1990-an pasti mengenal Il Sette Magnifico, 7 tim elite Italia. AC Milan, Juventus, Inter Milan, AS Roma, Lazio, Fiorentina, dan Parma merupakan tim-tim yang selalu jadi sorotan kala itu.

Namun, praktis hanya 5 tim yang musim ini mampu bersaing di papan atas. Fiorentina dan tim promosi Parma masih berkutat di papan tengah hingga memasuki paruh musim.

Editor      : Agus Dwi W
Reporter : (adw/JPC)