Mereka yang Mengecewakan, Dari Messi Hingga Mourinho

JawaPos.com – Sejumlah pemain bintang yang berkarir di daratan Eropa gagal bersinar sepanjang 2018. Selain cedera, ada faktor lain yang melatarbelakangi masalah tersebut.

Ketidakcocokan dengan rekan setim, tekanan, hingga masalah pribadi menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi penampilan aktor lapangan hijau. Bahkan tak hanya pemain, pelatih pun tak bisa lepas dari permasalahan ini.

Berikut tujuh bintang sepak bola yang karirnya melempem sepanjang 2018:

1. Lionel Messi

Timnas Argentina, Barcelona, Lionel MessiStriker Timnas Argentina dan Barcelona, Lionel Messi (Reuters)

Pemain kebangsaan Argentina ini memang membawa Barcelona juara La Liga musim 2017-2018. Namun secara individu, penampilan Messi menurun dari musim-musim sebelumnya.

Hal itu bisa dibuktikan dari daftar nominasi peraih penghargaan pemain terbaik Benua Eropa dan Ballon d’Or 2018. Messi yang biasanya diunggulkan, kini terlempar dari posisi tiga besar.

Selain itu Messi juga gagal bersinar di Piala Dunia 2018 lalu. La Pulga hanya mampu membawa negaranya hingga babak 16 besar.

2. Manuel Neuer

Bayern Muenchen, Timnas Jerman, Manuel NeuerKiper Bayern Muenchen dan Timnas Jerman, Manuel Neuer (Reuters)

Cedera mengusik karir Manuel Neuer sepanjang musim 2017-2018. Akibatnya, penampilan Neuer jauh di bawah standar saat membela Timnas Jerman di Piala Dunia 2018 lalu.

Sebelumnya kiper 32 tahun ini dikenal sangat tangguh dan sulit dijebol lawan. Namun semenjak pulih dari cedera, Neuer seolah kehilangan bentuk permainan terbaiknya.

3. Joachim Loew

Timnas Jerman, Joachim LoewPelatih Timnas Jerman, Joachim Loew (The Indian Express)

Karir Joachim Loew merosot tajam. Ia jadi bahan olok-olokan karena gagal membawa Jerman berjaya di Piala Dunia 2018 lalu.

Prestasi Loew kontras dengan Piala Dunia 2014 dimana saat itu Jerman keluar sebagai juara. Tahun ini Der Panzer bermain buruk dan mereka tidak lolos dari fase grup.

4. Jose Mourinho

Manchester United, Jose MourinhoPelatih Manchester United, Jose Mourinho (Sky Sports)

Tradisi buruk kembali menghiasi karir Jose Mourinho. Usai berjaya di musim pertama, Mourinho gagal melanjutkan prestasi di tahun-tahun berikutnya.

Kali ini sinar Mourinho meredup saat menangani Manchester United di musim 2018-2019. Ia memiliki hubungan buruk dengan beberapa pemain. Akhirnya Mourinho dipecat pada pertengahan Desember lalu.

5. Paul Pogba

Manchester United, Paul PogbaGelandang Manchester United, Paul Pogba (Sky Sports)

Sama seperti Mourinho, Paul Pogba juga gagal mempertahankan bentuk terbaiknya. Seiring berjalannya waktu, Pogba terus dihujani kritikan dari berbagai pihak.

Pemain kebangsaan Prancis itu kabarnya sering bersitegang dengan Mourinho. Kini ia berusha memperbaiki karir di bawah bimbingan pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

6. Arsene Wenger

Arsenal, Arsene WengerPelatih Arsenal, Arsene Wenger (Reuters)

Usai sudah kekuasaan Arsene Wenger di Arsenal. Pelatih kebangsaan Prancis itu resmi diberhentikan pada akhir musim 2017-2018 lalu.

Wenger melatih Arsenal selama 22 tahun. Bersama Meriam London, ia hanya mempersembahkan gelar dari kompetisi Premier League, FA Cup, dan Community Shield.

7. Alvaro Morata

Chelsea, Alvaro MorataStriker Chelsea, Alvaro Morata (Daily Mail)

Striker kebangsaan Spanyol ini tak lagi ganas sepanjang 2018. Alvaro Morata terlihat kesulitan adaptasi dengan rekan-rekan barunya di Chelsea.

Sejauh ini ia baru mencatatkan 16 gol semenjak pindah ke ajang Premier League. Morata dinilai gagal mengulangi penampilan terbaiknya seperti di Juventus dan Real Madrid.

Editor      : Bagusthira Evan Pratama
Reporter : (mat/JPC)