Korea Selatan & Islandia Ikut Dipandang Sebagai Tim Menakjubkan 2018

JawaPos.com – Tidak dapat dipungkiri, tahun 2018 merupakan momen spesial dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. Banyak kompetisi bergengsi yang digelar dan menghiasi tahun ini.

Sebut saja di antaranya Liga Champions, Liga Europa, dan juga kompetisi terakbar yakni Piala Dunia. Dengan rentetan kompetisi itu, tentunya bermunculan pula tim-tim yang tampil sangat fenomenal.

Secara luar biasa, beberapa tim mampu mendobrak stigma yang melekat di masyarakat. Berkaca dari itu semua, Jawapos.com merangkum enam tim dan klub fenomenal sepanjang tahun 2018.

1. Tim Nasional Perancis Berhasil Memenangi Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018, Timnas PrancisTimnas Prancis juara Piala Dunia 2018 (Reuters)

Tahun 2018 menjadi ajang pembuktian diri bagi Tim Nasional Prancis. Setelah gagal di final Piala Dunia 2006, Les Bleus akhirnya menjadi tim terbaik sejagat raya.

Keberhasilan ini didapat setelah mereka mampu menaklukan Kroasia dengan skor 4-2. Prancis tercatat berhasil memenangi Piala Dunia sebanyak dua kali. Sebelumnya mereka meraih trofi bergengsi tersebut ketika dipercaya sebagai tuan rumah pada 1998 lalu.

2. Korea Selatan Gagalkan Mimpi Jerman di Piala Dunia

Piala Dunia 2018, Korea Selatan, Korsel, Asian Games 2018Starting XI Timnas Korea Selatan (Dok. Asian Games 2018)

Piala Dunia 2018 menjadi momen mengejutkan bagi pecinta sepak bola di dunia. Prediksi Jerman lolos dari fase grup meleset saat mereka dikalahkan oleh Korea Selatan.

Padahal sebelum pertandingan berlangsung, banyak pihak yang meyakini Jerman akan memenagi pertandingan dengan mudah. Namun, anak asuh Joachim Low justru gagal mengemban misi tersebut.

Gol Kim Young Gwon dan Heung Min Son pada babak kedua menjadi mimpi buruk bagi Der Panzer. Alhasil pupus sudah keinginan Jerman untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia.

Kesuksesan Korea Selatan berlanjut di Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Tim U-23 mereka berhasil meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola.

3. Islandia Berhasil Lolos ke Piala Dunia

Piala Dunia 2018, Timnas IslandiaStarting XI Timnas Islandia (Yahoo Sports)

Sebuah peristiwa bersejarah dalam dunia sepak bola terjadi pada tahun 2018. Untuk pertama kalinya Islandia mampu lolos ke Piala Dunia.

Untuk mencapai tahap ini, Islandia lebih dulu mengalami kegagalan sebanyak 13 kali di babak kualifikasi. Bahkan jika dilihat dari materi pemain yang dibawanya, sebanyak 15 nama belum pernah mencicipi pertandingan berskala internasional.

Meski berstatus underdog, Islandia tak serta merta bisa dibantai dengan mudah. Sebaliknya, Islandia mampu menunjukkan permainan yang spektakuler. Salah satunya ketika Islandia mampu menahan imbang tim kuat Argentina dengan skor 1-1.

Ini menjadi rekor tersendiri bagi tim berjuluk Strakarnir Okkar. Bahkan hal ini menjadi kejutan dalam dunia sepak bola. Karena tidak ada yang menyangka tim sekelas Argentina mendapat kesulitan ketika berhadapan dengan tim debutan.

4. Tim Nasional Kroasia Melesat Hingga Babak Final

Piala Dunia 2018, Timnas KroasiaStarting XI Timnas Kroasia (Dok. FIFA)

Piala Dunia tahun ini juga menjadi sejarah baru bagi Timnas Kroasia. Sebab untuk kali pertama, mereka bisa lolos hingga laga final. Padahal Kroasia awalnya tidak dipandang sebagai tim unggulan.

Sebelumnya, prestasi terbaik Kroasia adalah merebut peringkat ketiga di Piala Dunia 1998 lalu. Sejarah itu akhirnya berhasil diperbaiki dengan menembus laga final di turnamen bergengsi sejagat raya ini.

Secara mengejutkan mereka dapat menumbangkan Timnas Inggris pada babak semifinal. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Ivan Perisic dan Mario Mandzukic. Pada saat itu mereka mampu membalikkan keadaan, sehingga tim Vatreni mampu menang dengan skor 2-1.

5. Juventus Mendominasi Kompetisi Serie A

Serie A 2018-2019, Liga Italia, JuventusJuventus terus berjaya di liga domestik. Si Nyonya Tua mendominasi persaingan Serie A sejak tujuh tahun terakhir. (Twitter @Juventus)

Juventus terus berjaya di liga domestik. Si Nyonya Tua mendominasi persaingan Serie A sejak tujuh tahun terakhir.

Pada musim ini, Juventus belum pernah mengalami kekalahan. Mereka semakin kuat setelah berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Bahkan Juventus turut memecahkan catatan clean sheet terbanyak di antara klub-klub sepak bola daratan Eropa. Tercatat Juventus mampu menorehkan 22 clean sheet pada tahun 2018.

6. Real Madrid Terbaik Sejagat Raya

Piala Dunia Antar Klub 2018, Real MadridReal Madrid merebut gelar juara di turnamen Piala Dunia Antar Klub 2018 (Twitter @realmadrid)

Kendati sudah ditinggalkan Cristiano Ronaldo, bukan berarti Real Madrid langsung kehilangan taringnya. Terbukti pada tahun ini, mereka mampu menang lagi di turnamen Piala Dunia Antar Klub.

Keberhasilan tersebut didapat setelah Real Madrid menang 4-1 atas Al Ain, Sabtu (22/12) lalu. Hasil ini menjadikan Madrid sebagai tim tersukses sejagat raya.

Editor      : Bagusthira Evan Pratama
Reporter : (mat/JPC)