Barcelona Terkena Larangan Beli Pemain Liverpool, Kecuali Bayar Denda

JawaPos.com – Klub raksasa Spanyol, Barcelona, terpaksa mengerem keinginan belanja pemain bintang hingga dua musim mendatang. Khususnya pemain bintang dari Liverpool. Kedua klub telah menyepakati perjanjian yang membuat sang juara bertahan La Liga tersebut tak bisa merekrut pemain baru dari Liverpool.

Dengan dukungan finansial yang kuat, Barcelona memang seperti mudah saja mendatangkan pemain yang diincar. Dengan iming-iming gaji tinggi dan nama besar Barcelona, setiap pemain yang diincar tak kuasa untuk menolak. 

Rasanya masih segar dalam ingatan ketika Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho merajuk klub lama mereka agar mau menjual mereka ke Barcelona. Dembele bahkan sempat mangkir dari sesi latihan agar bisa segera dilepas ke Blaugrana.

Nah, kini hal tersebut tampaknya akan sulit terjadi. Terutama untuk pemain asal Liverpool. Karena kedua klub sudah memiliki kesepakatan yang berlaku hingga musim 2020-2021 selesai. Artinya, Barcelona tidak bisa mendatangkan pemain hebat asal Liverpool hingga 2,5 musim ke depan.

Usut punya usut, deal tersebut terjadi saat Barcelona sukses membajak Philippe Coutinho pada tengah pertengahan musim lalu dengan banderol EUR 160 juta (Rp 2,65 triliun). Rupanya, manajemen The Reds sudah muak karena pemain pilarnya ‘diculik’ Barca. Deal tersebut adalah gagasan dari direktur olahraga Liverpool Michael Edwards.

Andai tetap memaksa membeli pemain dari Liverpool, Barca harus menambah uang ‘denda” sebesar EUR 100 juta (Rp 1,66 triliun). Itulah yang membuat Barca bakal berpikir seribu kali mendatangkan Mohamed Salah yang kini jadi bidikan setelah gagal mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid di awal musim ini.

”Harga Salah yang ada di kisaran EUR 150 juta (Rp 2,49 triliun) bisa melonjak jadi EUR 250 juta (Rp 4,15 triliun) imbas dari kesepakatan tersebut,” tulis Sky Sports. Harga tersebut bisa menjadikan Salah pemain termahal di dunia melampaui harga Neymar ketika dibeli PSG dari Barca musim lalu dengan banderol EUR 222 juta (Rp 3,69 triliun).

Salah menjadi incaran baru Barcelona karena tengah mencari calon pengganti penyerang mereka yang mulai menua. Duet Luis Suarez dan Lionel Messi sudah mencapai 31 tahun. Sementara para penyerang muda belum kunjung nyetel dengan pemain lainnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (adw/JPC)