6 Tim/Klub yang Mengalami Momen Buruk Sepanjang 2018

Jawapos.com – Momen buruk turut menghiasi sepak bola dunia selama 2018. Beberapa tim dan klub sepak bola justru tidak dapat meraih hasil yang positif, meski sudah berupaya dengan maksimal.

Tercatat, beberapa tim dan klub sepak bola gagal menjawab ekspetasi publik. Alih-alih meraih keberhasilan, mereka hanya bisa menangis dalam keterpurukan. Tidak sedikit dari mereka yang menjadi bulan-bulanan para suporternya yang kecewa akibat kegagalan itu.

Melihat hal itu, Jawapos.com telah merangkum beberapa klub dan tim yang telah gagal memenuhi ekpektasi yang diharapkan pada tahun ini. Berikut di antaranya:

1. Jerman Disingkirkan Korea Selatan di Piala Dunia 2018

timnas jerman, timnas korsel, piala dunia 2018Status juara bertahan tak membuat Jerman tampil apik di Piala Dunia 2018. (AFP)

Status juara bertahan tidak serta merta membuat sebuah tim dapat lolos dengan mudah di gelaran Piala Dunia. Hal itu dibuktikan saat Jerman mengalami kekalahan tragis dari Korea Selatan di babak penyisihan grup.

Padahal Tim Panzer digadang-gadang mampu menang dengan mudah. Namun sebaliknya, tim berlabel underdog Korea Selatan mampu memupuskan harapan Jerman di kancah Piala Dunia 2018.

Jerman pun kalah dengan skor telak 0-2. Kekalahan memalukan bagi sebuah tim yang memiliki sejarah panjang dalam kompetisi Piala Dunia.

2. Belanda Gagal Pentas di Piala Dunia

timnas belanda, timnas swedia, piala dunia 2018Arjen Robben tak menyangka harus gagal tampil di Piala Dunia. (Evening Standar)

Mengejutkan, mungkin itu kata-kata yang bisa mewakili kegagalan Belanda lolos ke dalam Piala Dunia 2018. Padahal Belanda merupakan langganan masuk ke dalam kompetisi terbesar sepak bola sejagat tersebut.

Kegagalan itu tidak terlepas dari persoalan sepele. Mereka kalah secara head to head dengan Swedia. Pada babak kualifikasi zona Eropa, De Oranje berhasil mengoleksi 19 poin. Jumlah yang sama dengan Swedia.

Namun sayangnya, jumlah gol yang dicetak mereka kalah jauh dibandingkan Swedia. Arjen Robben dan kawan-kawan hanya mampu mencetak 9 gol. Sebaliknya Swedia mampu mengoleksi 17 gol.

3. Italia Gagal ke Piala Dunia untuk Kali Kedua

timnas italia, timnas swedia, piala dunia 2018Italia jadi tim besar dunia yang gagal tampil di Piala Dunia 2018. (Chicago Tribune)

Tidak hanya Belanda saja yang gagal masuk ke Piala Dunia 2018. Tim besar lainnya, Italia juga harus menerima nasib yang sama.

Kegagalan tersebut akibat kekalahan yang diterimanya pada babak play-off. Ketika itu Italia berhasil disingkirkan Swedia dengan agregat 0-1. Kekalahan ini tentunya menjadi duka tersendiri bagi masyarakat Italia.

Kegagalan tersebut berimbas kepada pemecatan pelatih Tim Nasional Italia, Gian Piero Ventura. Federasi Sepak Bola Italia menilai Ventura telah gagal mengemban misinya untuk membawa Italia tampil ke Piala Dunia.

Ini kedua kalinya tim berjuluk Gli Azzurri gagal masuk ke dalam kompetisi Piala Dunia. Kegagalan pertama Italia terjadi pada 1958.

4. Performa Buruk Argentina Pada Piala Dunia 2018

timnas argentina, lionel messi, piala dunia 2018Nama besar Argentina meredup di Piala Dunia 2018. (Extra.ie)

Tidak ada yang menyangka tim kuat Argentina justru tidak dapat berbicara banyak pada ajang bergengsi Piala Dunia. Padahal tim tersebut kerap meraih hasil positif pada ajang itu.

Selama mengikuti Piala Dunia, Argentina berhasil meraih dua kali juara dan tiga kali posisi runner up. Namun, prestasi tersebut tidak dapat terulang kembali pada Piala Dunia tahun ini.

Performa buruk sudah ditunjukkan sejak babak pertama Grup D. Secara mengejutkan mereka berhasil ditahan imbang oleh tim debutan Islandia. Hal ini makin diperparah saat Kroasia mampu mempermalukan Argentina dengan skor 3-0.

Akhirnya langkah Argentina benar-benar terhenti pada babak 16 besar. Saat itu mereka kembali mengalami kekalahan saat melawan Prancis. Les Bleus berhasil mendepak Argentina dengan skor 4-3.

5. Football is Not Coming Home bagi Inggris

timnas inggris, timnas kroasia, piala dunia 2018Timnas Inggris kalah menyakitkan dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. (Yuro Cortez/AFP)

Babak semifinal Piala Dunia 2018 tampaknya akan terus diingat sebagai kenangan buruk bagi para pemain Inggris. Bagaimana tidak, secara mengejutkan mereka berhasil dikalahkan oleh Kroasia.

Dengan statusnya sebagai tim besar, Inggris berhasil menyombongkan diri di hadapan lawan-lawannya. Tentunya publik masih ingat ketika para suporter Inggris dengan bangganya mengumandangkan yel-yel ‘Football is Coming Home’. Berbekal yel tersebut Inggris yakin mampu meraih juara di Piala Dunia 2018.

Namun, arogansi tersebut berakhir saat mereka berlaga di partai semifinal. The Three Lions harus menerima kenyataan pahit setelah dibungkam 1-2 oleh tim underdog, Kroasia. Alih-alih melakukan pawai kegembiraan, Inggris justru ditelan rasa kecewa yang begitu besar. Pupus sudah harapan Inggris untuk membawa pulang trofi juara.

6. Perfoma Buruk Manchester United di Premier League

manchester united, jose mourinhoPenampilan pas-pasan MU musim ini berujung tragis bagi karir Jose Mourinho. (Eurosport)

Tahun 2018 menjadi momen terburuk bagi tim Manchester United. Tim berjuluk Setan Merah itu kerap mendapat hasil kurang menyenangkan dalam laga yang dijalaninya.

Tercatat, dari 19 laga yang sudah dijalani musim ini, United hanya mampu meraih 9 kemenangan saja. Membuat Setan Merah hanya bisa menduduki posisi keenam dalam klasemen sementara Premier League.

Hal tersebut diperparah dengan retaknya hubungan pelatih Jose Mourinho dengan Paul Pogba. Pasalnya Morinho menilai pemain tersebut membawa efek negatif. Bahkan Mourinho kerap menyalahkan gelandang Timnas Prancis tersebut atas buruknya performa United.

Performa United yang buruk berbuntut pemecatan Mourinho. Chief Executive United, Ed Woodward menilai Mourinho telah gagal menjalankan tugasnya. Atas pemecatatan tersebut, maka posisi manajer digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Editor      : Agus Dwi W
Reporter : (mat/JPC)