6 Sosok Bintang di Pentas Sepak Bola Internasional 2018

JawaPos.com – Musim 2018 ini menjadi panggung emas untuk beberapa pelaku sepak bola internasional. Mereka berhasil mengejutkan dunia dengan prestasinya.

Tak hanya pemain, rapor positif juga dimiliki sejumlah pelatih. Berikut JawaPos.com rangkum ulasannya;

1. Kylian Mbappe

PSG, Timnas Prancis, Kylian MbappeStriker PSG dan Timnas Prancis, Kylian Mbappe (Twitter @PSG)

Muda dan berbahaya, itulah sebutan yang pantas untuk seorang Kylian Mbappe. Di usianya yang masih 20 tahun, Mbappe telah menjelma jadi salah satu pemain terbaik sejagat raya.

Pemuda kelahiran 20 Desember 1998 ini turut membawa Prancis menjuarai turnamen Piala Dunia. Mbappe bahkan menyamai rekor legenda sepak bola asal Brasil, Pele yang pernah tercatat sebagai pemain muda yang mampu menorehkan dua gol dalam satu pertandingan.

2. Mohamed Salah

Liverpool, Mohamed SalahWinger Liverpool, Mohamed Salah (Reuters)

Tak ada yang meragukan kehebatan Mohamed Salah. Setelah didepak Chelsea, pemain kebangsaan Mesir ini terus mengasah bakatnya bersama Fiorentina, AS Roma, dan sekarang Liverpool.

Salah merupakan pencetak gol terbanyak di pentas Premier League musim 2018-2019. Ia juga menjadi pemain terbaik di kompetisi paling bergengsi tersebut. Namanya kini mulai disejajarkan dengan bintang sepak bola dunia seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

3. Luka Modric

Real Madrid, Timnas Kroasia, Luka ModricGelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luka Modric (Dok. Real Madrid)

Pemain kebangsaan Kroasia ini berhasil mengakhiri dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pada 2018 ini, Luka Modric dianugerahi gelar sebagai pemain terbaik Eropa dan pemain terbaik dunia.

Prestasi itu tak datang dengan sendirinya. Modric dianggap sangat berpengaruh pada keberhasilan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 2017-2018. Ia juga dinilai sebagai sosok penting dalam perjalanan Kroasia ke final Piala Dunia 2018.

4. Zinedine Zidane

Real Madrid, Zinedine ZidanePelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Dok. UEFA)

Suporter Real Madrid tentu sangat merindukan sosok Zinedine Zidane. Sebab ketika ditangani olehnya, Real Madrid mampu meraih gelar juara Liga Champions tiga musim berturut-turut

Namun sayang, Zidane enggan melanjutkan masa kepelatihannya dengan alasan ingin istirahat. Sejak ditinggalkan, Los Blancos tampil terseok-seok hingga berujung pada pemecatan Julen Lopetegui.

5. Didier Deschamps

Timnas Prancis, Didier DeschampsPelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps (Reuters)

Kesabaran Didier Deschamps berbuah manis. Setelah gagal di Piala Eropa 2016, Deschamps sukses membawa Prancis juara di Piala Dunia 2018.

Pelatih berusia 50 tahun itu masuk ke buku catatan sejarah Timnas Prancis. Selain menjadi pelatih, ia lebih dulu mengantarkan Les Bleus juara Piala Dunia pada 1998 lalu. Ketika itu Deschamps bertindak sebagai kapten tim.

6. Pep Guardiola

Manchester City, Pep GuardiolaPelatih Manchester City, Pep Guardiola (Reuters)

Pelatih kebangsaan Spanyol ini berhasil menjawab tantangan di kompetisi Premier League. Pada musim keduanya di Manchester City, Guardiola mampu mempersembahkan trofi juara.

Di bawah asuhannya, The Citizens sukses mengumpulkan 100 poin pada musim 2017-2018. Itu menjadi rekor baru untuk tim-tim dari Negeri Ratu Elizabeth.

Editor      : Bagusthira Evan Pratama
Reporter : (mat/JPC)