Serunya Belanja Fashion Rasa Jepang di LUMINE

JawaPos.com – Dunia fashion paling dekat dengan hobi berbelanja. Dunia ritel fashion terus bergeliat seiring tumbuhnya pasar ekspor dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di dalam negeri. Untuk mewadahi itu, pemerintah Indonesia menggandeng Jepang untuk mewadahi para UMKM lewat gerai ritel urban bernama LUMINE.

Di Jepang, LUMINE sudah terkenal sebagai pusat modenya masyarakat Tokyo. Karena itu, hadir di Plaza Indonesia, Jakarta, LUMINE ingin menawarkan mood belanja orang Jepang di Indonesia. Untuk menandai hubungan diplomatik dalam perdagangan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita langsung terjun meresmikannya.

“Hadirnya LUMINE sebagai pengembangan hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Ini sebagai sistem marketing dunia UMKM yang bisa kita tambahan,” kata Menteri Enggartiasto Lukita di lokasi, Jumat (7/12).

tren fashion, lumine,Desainer Senior Taruna Kusmayadi dari IFC hadir dalam peresmian LUMINE. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Untuk membangun gerai yang diburu oleh para konsumen, menurutnya diperlukan sebuah pelatihan kepada para Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan mempertahankan kualitas dan pelatihan menata produk di display.

“Pelatihan sudah harus sesuai standar internasional di kancah global. Karena menurut kami produk di sini sudah cukup baik. Yang paling penting perkembangan UMKM di Indonesia harus bisa berkembang secara internasional,” paparnya.

Desainer Fashion Senior dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) Taruna Kusmayadi menjelaskan selama ini produk UMKM masih sulit masuk ke pasar departement store. Sehingga dibutuhkan sentuhan tangan para desainer untuk memberi nilai tambah. Karena itu bekerja sama dengan para start up juga terus ditingkatkan.

“Asosiasi kami membawahi 230 anggota. Memang ada member yang sudah established. Saingan itu enggak apa-apa yang penting punya keunikan dan visi misi yang beda. Dan displaynya harus bagus atau kualitas penampilannya,” jelas Taruna.

Dia menegaskan jika Indonesia ingin menjadi pusat fashion di tahun 2020, maka Indonesia harus mau terbuka dan belajar dengan siapapun. Sehingga pasar di dalam negeri akan tetap bergeliat.

Sedikitnya ada 20 brand ternama yang diperkenalkan di LUMINE yang terdiri dari pakaian, sepatu, tas, jam tangan, dan aksesori. Budaya gaya masyarakat Tokyo pun diperkenalkan dengan nuansa yang elegan dan kasual.

(ika/JPC)