Simak 4 Fakta Menarik Tentang Bulan Desember

JawaPos.com – Desember menjadi bulan yang seru untuk banyak orang di berbagai belahan dunia. Desember artinya saatnya liburan. Apalagi bagi mereka yang merayakan Natal dan Tahun Baru, Desember akan menjadi momen paling menyenangkan. Bagi negara dengan 4 musim, Desember merupakan waktu musim dingin yang dihujani salju.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (4/12), Desember memiliki makna sebuah perayaan. Maka semua keluarga pasti sudah merencanakan destinasi liburan. Akan tetapi selain liburan, Desember juga memiliki makna lainnya.

Sejarah Kata ‘Desember’

desember, bulan desember, fakta desember,Banyak yang bilang Desember adalag ‘Musim Kawin’. (Istimewa)

Kata Desember bukan hanya nama bulan, itu adalah frasa yang berasal dari kata Latin ‘decem’ yang berarti ’10’. Itu berarti bulan ke-10 dari kalender Romawi kuno.

Saatnya Melamar dan Menikahi Kekasih

Banyak yang bilang Desember adalag ‘Musim Kawin’. Artinya, banyak pasangan yang meresmikan hubungannya di bulan ini.

Sinar Matahari Paling Sedikit

Di negara 4 musim, Desember adalah musim dingin. Sementara di Indonesia, Desember menjadi musim hujan di mana sinar matahari lebih sedikit menerangi. Di Inggris, Desember memiliki sinar matahari paling sedikit sepanjang bulan. Menurut catatan, statistik mengungkapkan bahwa pada bulan Desember 1890, bahkan sinar matahari tak terlihat sepanjang bulan di Eropa, bahkan Moskow mengalami bulan paling gelap selama Desember 2017.

Penghargaan Oscar

Entah kebetulan atau tidak, berbagai film yang diproduksi atau menggunakan nama Desember biasanya memenangkan Oscar. Salah satunya 7 Desember adalah nama film, dan itu adalah sebuah film dokumenter 1943 tentang Pearl Harbor.

(ika/JPC)