Ruang Makan Sempit Tetap Nyaman Jika Tahu Trik Meja Ini

JawaPos.com – Ruang keluarga bukan satu-satunya tempat untuk berkumpul di rumah. Selain ruang keluarga, ruang makan juga menjadi tempat untuk berkumpul dan mendekatkan diri dengan yang lain. Karenanya, penting sekali untuk menciptakan ruang makan yang nyaman dan membuat betah seluruh anggota keluarga.

Mendesain ruang makan dengan luas yang pas tidak akan membuat Anda kesulitan. Masalahnya, bagaimana jika ruang makan di rumah sempit dan dirasa kurang nyaman? Tenang. Anda tetap bisa membuat ruang makan sempit menjadi nyaman dan menjadikannya ruangan favorit bersama dengan trik seputar membeli meja makan dengan cermat berikut ini:

1. Hati-hati memilih bentuk meja

Seiring berjalannya waktu, bentuk meja makan pun semakin beragam, mulai dari bundar, persegi empat, hingga oval. Untuk ruangan dengan luas yang terbatas, Anda perlu pandai-pandai mengakalinya.

Jika ruang makan berbentuk persegi panjang, Anda bisa memilih meja berbentuk oval dan letakkan di tengah ruangan untuk mendukung komposisinya. Sebenarnya, Anda juga bisa memilih meja berbentuk bundar sempurna sebagai salah satu ide pintar untuk mempercantik rumah. Dengan meja berbentuk bundar, Anda bisa meletakkan lebih banyak kursi untuk mengelilinginya karena meja berbentuk bundar ini tidak memiliki sudut pembatas. 

2. Ukuran meja harus sesuai skala yang seharusnya

Sebelum memilih meja makan, perhitungkan skalanya dengan tepat. Hitung berapa orang yang kira-kira akan santap bersama. Paling tidak, Anda harus menyediakan ruang sekitar 60 cm untuk setiap orang di atas meja.

Ruang sekitar 60 cm ini cocok akan membuat aktivitas bersantap nyaman karena Anda bisa bergerak dengan leluasa. Selain ruang untuk setiap orang, pastikan Anda juga menyisihkan ruang untuk meletakkan piring saji berisi nasi dan lauknya. Pada prinsipnya, Anda perlu ingat untuk memilih meja yang artistik sekaligus ergonomis.

3. Pikirkan tentang peletakkan meja makan

Memiliki meja makan saja tak lantas membuat kewajiban Anda selanjutnya hilang. Anda tetap harus memikirkan di mana sebaiknya meja diletakkan. Meja dan kursi makan harus berjarak paling tidak 42-48 cm dari dinding atau furnitur terdekat. Ini untuk memudahkan Anda jika ingin menggeser kursi saat akan berpindah tempat.

Untuk kursi makan, pilih kursi dengan fitur tambahan yang menambah kenyamanan selama duduk, misalnya sandaran punggung. Karena waktu makan adalah waktu istirahat dan bersantai, Anda tentunya tidak ingin waktu makan terasa melelahkan karena harus duduk tegak sepanjang waktu, kan? Dengan adanya kursi makan dengan sandaran punggung ini, Anda dan keluarga bisa lebih bersantai saat menghabiskan waktu dengan saling bercerita usai acara makan bersama.

4. Pertimbangkan fungsi lain dari meja

Untuk ruang makan yang bergabung dengan dapur sekaligus, ada kalanya meja makan juga merangkap sebagai meja untuk menyiapkan bahan masakan. 

Biasanya, meja yang merangkap sebagai dua fungsi ini memiliki tinggi di bawah dada orang dewasa untuk memudahkan saat Anda harus merencanakan bahan-bahan masakan.

Meja makan seperti ini, butuh kursi yang juga tinggi. Gunakan kursi bar ala kafe yang ketinggiannya bisa diatur. Meski ukuran kursi dan meja yang tinggi, Anda dan keluarga bisa tetap nyaman jika pintar memadupadankan keduanya dengan tepat.

(srs/JPC)