Intip 5 Pembersih Wajah Alami yang Dapat Anda Buat di Rumah

JawaPos.com – Merawat wajah tak meski menggunakan produk kecantikan diluaran sana. Jika memiliki waktu luang, Anda dapat membuat perawatan kulit wajah sendiri dari bahan-bahan natural. Termasuk pembersih wajah alami.

Benarkah aman?

Yup, dengan bahan alami, Anda tak perlu khawatir akan merusak bagian kulit wajah Anda. Namun, Anda harus memilih bahan alami sesuai dengan kebutuhan wajah. Berikut 5 rekomendasi pembersih wajah yang dapat Anda gunakan di rumah dari bahan alami seperti dilansir dari Reader’s Digest, Selasa (4/12).

tips kecantikan, pembersih wajah alami, cara buat pembersih wajah,Madu dapat terbukti mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit. (Reader’s Digest)

1. Pembersih Wajah Coconut Oil

Minyak kelapa dapat menghilangkan kilau yang muncul di penghujung hari tanpa memisahkan kulit Anda dari minyak alami.

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami,  pelembab yang efektif, dan sangat bagus untuk dermatitis atopik. Namun, jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat, jauhkan minyak kelapa kecuali Anda tahu bahwa wajah Anda dapat mentolerirnya.

Cara memakainya pijatkan minyak kelapa ke wajah Anda selama sekitar 30 detik, kemudian oleskan handuk hangat ke wajah Anda untuk membuka pori-pori Anda. Tunggu sekitar 15-30 detik, kemudian bersihkan minyak dengan menepuk-nepuk dengan kain lap.

2. Pembersih Wajah Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit Anda untuk membantu meredakan jerawat, mencegah pori-pori tersumbat, dan menjaga kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. PH-nya sekitar 5,5 sangat dekat dengan pH ideal kulit manusia.

Campurkan cuka sari apel dengan air, dan kocok dengan baik. Oleskan ke wajah yang bersih dengan bola kapas atau pad. Setelah kulit Anda mengering, kenakan pelembab harian Anda yang biasa.

3. Pembersih Wajah Lemon dan Madu

Madu dan lemon merupakanq pelembab alami dan antiseptik, kombinasi yang menenangkan dan bersih sempurna untuk pembersih wajah yang alami. Madu secara alami bersifat antibakteri dan penuh antioksidan, yang terbukti mencegah jerawat dan memperlambat proses penuaan kulit Anda.

Campurkan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon segar. Lalu ratakan lapisan tipis ke wajah dan leher Anda. Biarkan campuran itu sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

4. Pembersih Wajah Yogurt

Yogurt adalah pembersih wajah alami yang sempurna, kaya protein dan asam laktat. Senyawa-senyawa tersebut bekerja bersama untuk membantu detoksifikasi kulit.

Menerapkan asam laktat secara teratur mendorong kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel mati melalui pengelupasan kulit, dan protein membantu mengencangkan pori-pori, mengurangi munculnya garis-garis halus, dan melembabkan.

Pijat perlahan-lahan sedikit yogurt polos ke wajah Anda yang bersih menggunakan ujung jari Anda. Cara ini akan membantu membersihkan kotoran atau riasan. Biarkan yogurt selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan handuk.

5. Pembersih Wajah Anggur

Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa phytonutrients di anggur dapat membantu melindungi sel kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Anggur juga mengandung vitamin C, yang terbukti membantu membentuk kolagen, protein yang meningkatkan elastisitas kulit dan membuat Anda terlihat muda.

Siapkan 4 buah anggur besar (merah atau hijau), lepaskan biji-bijinya. Kemudian gosok di wajah dan leher Anda. Ini akan mengurangi kondisi kulit Anda yang kekeringan. Bilas dengan air dingin.

(Inr/JPC)