Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Anda

JawaPos.com – Baik perempuan maupun pria kini mulai sadar menjaga kesehatan kulit terutama wajah. Tak sekedar mengincar kecantikan kulit, namun perawatan yang aman bagi wajah juga jadi perhatian.

Namun sayangnya, ada beberapa kebiasaan buruk yang justru bisa merusak kulit tanpa disadari. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Walau terlihat sepele, guna menunjang kesehatan kulit, Anda dapat mengurangi kebiasaan tersebut. Seperti dilansir dari Reader’s Digest, Selasa (3/12), ada lima kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit.

1. Memencet Jerawat

tips kecantikan, tips perawatan kulit, sebab kulit rusak, pemicu kulit rusak,Memakai sabun terlalu banyak akan menghilangkan pelindung kulit alami Anda. (Reader’s Digest)

Anda mungkin sudah tidak tahan melihat jerawat besar yang merah dan kotor muncul. Sehingga secara tidak sadar Anda selalu memencet jerawat. Memencet jerawat dengan cara ini akan meningkatkan potensi terinfeksi, pembengkakan, dan bahkan bekas luka pada kulit.

2. Pergi Ke Luar Rumah Tanpa Memakai Sunscreen

Tabir surya bukan hanya harus dipakai saat berjemur di pantai, tapi sama pentingnya ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.  Mengekspos kulit Anda ke matahari tanpa tabir surya meningkatkan risiko kanker kulit dan merusak kolagen di kulit yang mengarah ke garis dan kerutan serta bintik-bintik matahari.

“Kenakan pakaian pelindung sinar matahari dan hindari tengah hari,” saran Jeremy Brauer, MD, Asisten Profesor Klinis, Ronald O. Perelman, Departemen Dermatologi, dilansir dari Reader’s Digest, Selasa (4/12).

3. Memakai Lemon Atau Jeruk Nipis Saat Di Bawah Matahari

Obat alami untuk jerawat adalah jus jeruk nipis, alasannya adalah ia memiliki sifat antioksidan dan antibiotik sementara merangsang pembaharuan kulit dan meningkatkan elastisitas. Namun jika Anda pakai di bawah sinar matahari justru akan menimbulkan masalah daftar poker.

“Anda akan mendapatkan reaksi ‘fototoksik’, yaitu pigmentasi yang dapat berlangsung berbulan-bulan,” kata dermatolog Alejandra Vivas, MD, dari Minars Dermatology.

4. Membiarkan Tanda-tanda Perubahan Kulit

Perubahan kulit tidak selalu tentang jerawat. Tetapi bisa saja hal lain. Jika Anda menemukan ada sedikit benjolan seperti jerawat atau seperti kutil, jangan biarkan hal tersebut.

Bisa saja itu adalah hal yang bisa mengarah pada diagnosis kanker kulit, jangan menunggu, dan konsultasikan kulit tersebut secara langsung dengan dermatologi.

5. Memakai Sabun Terlalu Banyak

Untuk mendapatkan kulit yang bersih bukan berarti Anda harus menaruh sabun yang banyak di wajah Anda. Kulit Anda memiliki perlindungan alami tubuh dari dunia luar.

“Saat kita melepaskan komponen alami penghalang ini, yang bisa kita lakukan dengan menggunakan terlalu banyak sabun, Anda meningkatkan risiko infeksi dan penyakit kulit,” dr. Brauer.

(Inr/JPC)