Konsumsi 5 Buah dan Sayur ini Bisa Membuat Awet Muda

JawaPos.com – Rajin mengonsumsi makanan sehat secara otomatis akan membuat kulit menjadi sehat. Terutama, konsumsi buah dan sayuran yang sangat mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau.

Tak heran jika produk perawatan selalu memakai bahan-bahan alami yang dipercaya untuk menyehatkan kulit bahkan melawan tanda penuaan. Berikut 5 buah dan sayur yang kerap dikonsumsi agar awet muda, Sebagaimana dilansir dari Healthline, Sabtu (3/11).

1. Pepaya

Konsumsi 5 Buah dan Sayur ini Bisa Membuat Awet MudaBuah delima mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu melestarikan kolagen di kulit sehingga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan. (Pexels)

Makanan ini kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Kandungan tersebut seperti vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, Vitamin B.

Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan akibat terlalu sering bermain di sbobet indonesia. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi alami terbaik.

Sebagai resep mengonsumsi pepaya yang lezat dengan cara siram air jeruk nipis segar diatas pepaya yang bisa dibuat untuk sarapan atau masker papaya.

2. Brokoli

Brokoli berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-penuaan yang terdiri dari kandungan vitamin C , K, serat, folat, lutein, dan kalsium. Vitamin C yang terkandung bisa meningkatkan produksi kolagen.

3. Bayam

Bayam sangat berperan untuk menghidrasi dan sebagai antioksidan. Bayam kaya akan vitamin A, C, E, magnesium, dan lutein.

Kandungan vitamin C  yang tinggi dan multifungsi ini dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Tapi bukan itu saja, vitamin A yang terkadung pada bayam dapat memelihara rambut agar lebih kuat dan berkilau, sementara vitamin K telah terbukti membantu mengurangi peradangan dalam sel.

Smoothie, salad, atau tumis bisa menjadi pilihan resep untuk mengonsumsi bayam.

4. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga membuat kulit menjadi halus dan lentur. Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mencegah efek negatif penuaan, yaitu vitamin K, C, E, A, B, dan kalium.

Kandungan tinggi vitamin A dalam alpukat dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang berefek pada kulit menjadi bersinar. Lalu, karotenoid yang terkandung dalam alpukat dapat membantu memblokir racun dan kerusakan dari sinar matahari serta membantu melindungi terhadap kanker kulit.

Digunakan sebagai masker pelembab, alpukat akan bermanfaat untuk melawan peradangan, mengurangi kemerahan, dan membantu mencegah kerutan.

5. Biji Buah Delima

Buah delima telah digunakan selama berabad-abad sebagai buah obat penyembuhan. Tingginya vitamin C dan antioksidan, buah delima dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.

Buah sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu melestarikan kolagen di kulit sehingga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan.

Tambahkan biji buah delima ini ke dalam salad bayam untuk dikonsumsi sebagai perawatan anti-penuaan.